Cara Budidaya Mangga Harum Manis Agar Cepat Berbuah

By On Sabtu, Januari 5th, 2019 Categories : Tips

Cara Budidaya Mangga Harum Manis Agar Cepat Berbuah

gambar source: www.infoagribisnis.com

Buah mangga merupakan salah satu buah tropis yang menjadi primadona untuk banyak kalangan. Harganya yang murah dan rasanya yang manis membuat masyarakat menggemari buah ini. Apalagi buah mangga tidak perlu lagi diolah agar bisa dikonsumsi. Salah satu jenis mangga yang menjadi pilihan utama adalah mangga harum manis. Mangga jenis ini sangat disukai karena aromanya yang harum dan rasa yang sangat manis.

Cara Membudidayakan Mangga Harum Manis Supaya Cepat Berbuah

Dengan tingginya permintaan akan mangga harum manis ini, membuat masyarakat berbondong-bondong membudiyakannya. Kalau menanamnya dengan cara biasa, Anda harus bersabar karena butuh waktu yang cukup lama untuk menunggu pohon berbuah. Jangan khawatir, sekarang sudah ada cara budidaya lebih mudah supaya pohon mangga lebih cepat berbuah. Cara ini sangat baik untuk dipraktikkan di perkebunan atau hanya untuk menanamnya di kebun rumah. Adapun cara budidayanya adalah sebagai berikut ini.

  1. Pemilihan Bibit

Saat proses budidaya mangga, Anda harus mempersiapkan bibit buah mangga terlebih dahulu. pilihlah bibit dari hasil cangkok. Tidak perlu melakukan cangkok sendiri. Sekarang bisa membeli bibit buah mangga dengan kualitas unggul di toko-toko pertanian. Pilih bibit yang tidak bercabang tetapi subur dan batangnya tegak lurus.

  1. Membuat Lubang

Langkah berikutnya dalam proses budidaya mangga harum manis adalah mempersiapkan lubang yang akan ditanami pohon mangga. Membuat lubang tersebut tidak boleh asal membuat supaya pohon bisa tumbuh dengan baik. Buat lubang dengan ukuran 40 cm X 40 cm dengan kedalaman 50 cm. Setelah itu, tuangkan pupuk kompos atau pupuk kandang dengan tinggi 1/3 bagian lubang. Diamkan lubang selama 5 hingga 7 hari supaya lebih stabil.

  1. Penanaman Pohon Mangga

Proses berikutnya adalah penanaman pohon mangga. Langkah pertama adalah buka dahulu polybag pembungkus pohon. Kemudian, masukkan bibit ke lubang yang sudah disiapkan dan tutup dengan tanah. Sebaiknya tutup pohon dengan sisa tanah hasil galian yang sudah dicampur dengan pupuk kandang atau pupuk kompos. Lalu padatkan tanah. Jangan terlalu longgar dan jangan terlalu padat. Sirami pohon pagi dan sore hari sampai bibit benar-benar sudah tumbuh.

  1. Perawatan Pohon

Saat pohon mangga harum manis sudah ditanam maka Anda harus melakukan perawatan supaya pohon tumbuh dengan baik. Caranya adalah siangi pohon dari rumput secara teratur yang ada di sekitar pohon supaya pertumbuhan pohon bisa optimal. Saat usia pohon sudah 2 bulan, lakukan pemupukan. Jangan gunakan pupuk kimia karena berbahaya dan bisa merusak Ph tanah. Gunakan saja pupuk kandang atau pupuk kompos. Pupuk tersebut juga lebih aman bagi lingkungan dan baik pula bagi kesehatan saat besok mangganya dikonsumsi.

  1. Panen

Panen bisa dilakukan jika buah mangga sudah benar-benar tua. Mangga jenis harum manis bisa dipanen jika sudah  usia 4 hingga 5 bulan terhitung semenjak bunga mekar. Pemetikan sendiri juga tidak boleh asal karena buah tidak boleh sampai jatuh dan getahnya juga tidak boleh mengenai buah itu sendiri. Kemudian, jika buah sudah habis dipanen, maka lakukan pemangkasan ranting atau dahan pohon. Dengan begitu, mangga bisa lebih cepat berbuah lagi dan hasilnya juga lebih banyak.

Proses budidaya buah mangga harum manis sangatlah mudah. Praktikkan cara tersebut dengan baik untuk memperoleh hasil yang maksimal. Jangan menggunakan pupuk kimia untuk menjaga kualitas mangga dan tanah tidak rusak.

Cara Budidaya Mangga Harum Manis Agar Cepat Berbuah | abau hasan | 4.5
IBX5A45B5B2D6320